A. Topik: Apa Yang Dimaksud Sunnah, Hadits,
Khobar, Atsar?
B.
Tujuan:
Setelah selesai
mempelajari LKPD ini diharapkan kalian
mampu:
1.
Mengidentifikasi pengertian sunnah, hadits, khobar dan
atsar
2.
Membedakan sunnah, hadits, khobar dan atsar
3.
Menyebutkan pengertian
sunnah, hadits, menurut ulama hadits, ulama ushul, ulama fikih
C.
Kegiatan
1. Agar
mempunyai kesiapan untuk menjawab pertanyaan dalam topik pelajaran dan tujuan
belajar tersebut, cermatilah wacana yang diambil dari sumber-sumber terpercaya
berikut. Kemudian lakukan langkah-langkah lanjutannya!
Sunnah
Sunnah Menurut Bahasa : perjalanan, yg
baik maupun yg buruk.
Menurut Ulama hadits Sunnah adalah :
-
Yaitu segala sesuat
yang berkenaan dengan Nabi saw. baik berupa tingkah laku, postur tubuh,
pembawaan, informasi, sabda, perbuatan beliau, baik membawa konsekuensi hukum
syara’ atau pun tidak.
-
Yaitu segala
sesuatu yang diambil dari Rasul baik berupa sabda, perbuatan, taqrir,
sifat-sifat fisikmaupun non fisik atau pun sepak terjang beliau sebelum diutus
menjadi Rasul seperti tahannus beliau di Gua Hira dan sesudahnya
Ulama Ushul berpendapat : Rasulullah
saw sebagai pembentuk syari’at yg menjelaskan kepada manusia undang-undang
kehidupan & meletakkan kaidah-kaidah bagi mujtahid.
Sunnah menurut Ulama Ushul adalah sabda, perbuatan, dan taqrir
Nabi saw yang membawa konsekuensi hukum dan menetapkannya. Jadi sunnah dlm
istilah ulama ushul yaitu segala sesuatu yg berasal dari rasul selain
al-Quran berupa sabda, perbuatan, maupun taqrir yang layak menjadi dalil hukum
syara’
Ulama fiqh menyatakan bahwa sunnah
yaitu hukum syara’ berkenaan dengan perbuatan manusia baik dari segi haram,
mubah, atau yang lainnya.
Sunnah dalam istilah ulama fiqh yaitu
segala sesuatu yang berasal dari Nabi saw. tidak termasuk bab fardhu dan wajib.
Hadits
Secara etimologi, hadis adalah segala
sesuatu yang baru. Kata hadis mengandung penegrtian sedikit dan banyak. Bentuk
jamaknya adalah احاديث
. Secara terminologias, hadis sama dengan
sunnah. Namun, hadis biasa digunakan utk segala sesuatu yang diriwayatkan dari
Rasul setelah kenabian baik berupa sabda, perbuatan, maupun taqrir. Maka,
sunnah lebih luas penegrtiannya daripada hadis.
Menurut Ulama Ushul Hadis adalah
sunnah qauliyyah. Menurut mereka Sunnah lebih luas pengertiannya daripada
hadis. Sunnah mencakup sabda, perbuatan, dan taqrir Rasul yang dapat menjadi
dalil hukum syara’.
Khobar
Khabar mnrt Ulama hadis sinonim dengan
hadis. Keduanya digunakan utk menyebut yg MARFU’, MAUQUF, dan MAQTu yang datang
HU’, sehingga mencakup segala sesuatu yang datang dari Rasul saw., sahabat dan
tabi’in.
Ulama lain berpendapat HADIS adalah
apa yang datang dari Nabi SAW , sedang KHABAR adalah apa yg datang dari selain
Nabi SAW. Oleh karena itu orang yang ahli dengan sunnah disebut MUHADDITS.
Sedangkan orang yang sibuk dengan sejarah dan sejenisnya disebut AKHBARIY.
Perbedaan hadits dan khobar dapat di
bedakan sebagai berikut:
} Setiap
HADIS adalah KHABAR, tidak sebaliknya. ULAMA FIQH KHURASAN menyebut MAUQUF dgn
ATSAR, MARFU’ dgn KHABAR
} KHABAR
& ATSAR disebut secara mutlak berarti segala sesuatu yg disandarkan kpd
NABI, sahabat & tabi’in.
Dari pernyataan-pernyataan di atas
sebutkanlah pengertian sunah menurut ulama hadits, ulama ushul dan ulama fikih!
Identifikasi perbedaan sunnah, hadits, khobar dan atsar!
D. Tempat Pengerjaan
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
................................................................................................................
No comments:
Post a Comment