Pages

Wednesday, September 11, 2019

LKPD QURDIS

A. Topik: Apa Yang Dimaksud Sunnah, Hadits, Khobar, Atsar?
B. Tujuan:
Setelah selesai mempelajari LKPD  ini diharapkan kalian mampu:
1.     Mengidentifikasi pengertian sunnah, hadits, khobar dan atsar
2.     Membedakan sunnah, hadits, khobar dan atsar
3.     Menyebutkan pengertian sunnah, hadits, menurut ulama hadits, ulama ushul, ulama fikih


C. Kegiatan
1. Agar mempunyai kesiapan untuk menjawab pertanyaan dalam topik pelajaran dan tujuan belajar tersebut, cermatilah wacana yang diambil dari sumber-sumber terpercaya berikut. Kemudian lakukan langkah-langkah lanjutannya!

Sunnah
Sunnah Menurut Bahasa : perjalanan, yg baik maupun yg buruk.
Menurut Ulama hadits Sunnah adalah :
-            Yaitu segala sesuat yang berkenaan dengan Nabi saw. baik berupa tingkah laku, postur tubuh, pembawaan, informasi, sabda, perbuatan beliau, baik membawa konsekuensi hukum syara’ atau pun tidak.
-            Yaitu segala sesuatu yang diambil dari Rasul baik berupa sabda, perbuatan, taqrir, sifat-sifat fisikmaupun non fisik atau pun sepak terjang beliau sebelum diutus menjadi Rasul seperti tahannus beliau di Gua Hira dan sesudahnya



Ulama Ushul berpendapat : Rasulullah saw sebagai pembentuk syari’at yg menjelaskan kepada manusia undang-undang kehidupan & meletakkan kaidah-kaidah bagi mujtahid.
Sunnah menurut Ulama Ushul adalah sabda, perbuatan, dan taqrir Nabi saw yang membawa konsekuensi hukum dan menetapkannya. Jadi sunnah dlm istilah ulama ushul yaitu segala sesuatu yg berasal dari rasul selain al-Quran berupa sabda, perbuatan, maupun taqrir yang layak menjadi dalil hukum syara’
Ulama fiqh menyatakan bahwa sunnah yaitu hukum syara’ berkenaan dengan perbuatan manusia baik dari segi haram, mubah, atau yang lainnya.
Sunnah dalam istilah ulama fiqh yaitu segala sesuatu yang berasal dari Nabi saw. tidak termasuk bab fardhu dan wajib.

Hadits
Secara etimologi, hadis adalah segala sesuatu yang baru. Kata hadis mengandung penegrtian sedikit dan banyak. Bentuk jamaknya adalah احاديث   . Secara terminologias, hadis sama dengan sunnah. Namun, hadis biasa digunakan utk segala sesuatu yang diriwayatkan dari Rasul setelah kenabian baik berupa sabda, perbuatan, maupun taqrir. Maka, sunnah lebih luas penegrtiannya daripada hadis.
Menurut Ulama Ushul Hadis adalah sunnah qauliyyah. Menurut mereka Sunnah lebih luas pengertiannya daripada hadis. Sunnah mencakup sabda, perbuatan, dan taqrir Rasul yang dapat menjadi dalil hukum syara’.

Khobar
Khabar mnrt Ulama hadis sinonim dengan hadis. Keduanya digunakan utk menyebut yg MARFU’, MAUQUF, dan MAQTu yang datang HU’, sehingga mencakup segala sesuatu yang datang dari Rasul saw., sahabat dan tabi’in.
Ulama lain berpendapat HADIS adalah apa yang datang dari Nabi SAW , sedang KHABAR adalah apa yg datang dari selain Nabi SAW. Oleh karena itu orang yang ahli dengan sunnah disebut MUHADDITS. Sedangkan orang yang sibuk dengan sejarah dan sejenisnya disebut AKHBARIY.
Perbedaan hadits dan khobar dapat di bedakan sebagai berikut:
}  Setiap HADIS adalah KHABAR, tidak sebaliknya. ULAMA FIQH KHURASAN menyebut MAUQUF dgn ATSAR, MARFU’ dgn KHABAR
}  KHABAR & ATSAR disebut secara mutlak berarti segala sesuatu yg disandarkan kpd NABI, sahabat & tabi’in.

Dari pernyataan-pernyataan di atas sebutkanlah pengertian sunah menurut ulama hadits, ulama ushul dan ulama fikih! Identifikasi perbedaan sunnah, hadits, khobar dan atsar!

D. Tempat Pengerjaan
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
................................................................................................................

No comments:

Post a Comment